Posted by : Unknown Senin, 26 Mei 2014


AMERIKA SERIKAT SEBGAI NEGARA ADIDAYA

“PERJALANA AMERIKA SERIKAT SEBAGAI NEGARA ADIDAYA”

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sejarah Amerika
Dosen Pengampuh Dr.SurantoM.Pd




Disusun Oleh:
Dhevy Ratna Sari          120210302095
Kelas B



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
UNIVERSITAS JEMBER
2014







 
Kata Pengantar

Puji  syukur kami ucapkan kepada Allah SWT , berkat limpahan karunia – Nya, kami dapat menyelesaikan tugas makalah AMERIKA SEBAGAI NEGARA ADIDAYA. Makalah ini dibuat untuk memenuhi penyelesaian materi kuliah Sejarah Amerika.
Di era globalisasi ini, era yang penuh persaingan, baik persaingan lokal, nasional dan global. Oleh karena itu kita harus membekali diri untuk menghadapi persaingan tersebut. Bekal ilmu pengetahuan saja tidak cukup karena dalam era globalisasi sekarang ini sistem kerja tidak hanya mengandalkan individu, tetapi juga jaringan kerjasama dengan pihak -pihak lain. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan.
Makalah ini dibuat untuk memberikan arahan dan tuntutan kepada pembaca agar mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Dengan makalah ini, diharapkan pembaca dapat belajar secara aktif dan kreatif dan mampu mengetahui pentingnya belajar sejarah Amerika khususnya mengenai Amerika Sebagai Negara Adidaya.Terakhir, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu selesainya pembuatan makalah ini. Selain itu, kami pun mengucapakan terima kasih kepada Dosen Pengampu Dr.Suranto M.Pd yang telah memberikan bimbingan  dan arahan dalam pembuatan makalah ini.
            Kami berharap makalah ini dapat membantu pembaca untuk lebih berkompeten dalam komunikasi memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran materi Sejarah Amerika.

Jember, 5 Mei 2014

                      Penulis,





BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Negara yang paling berpengaruh saat ini adalah Amerika Serikat dimana negaranya mendapat gelar sebagai negara adidaya. Amerika Serikat sekarang sangat berpengaruh terhadap dunia dimana mata uangnya yaitu US$ ( US Dollar ) menjadi pusat mata uang dunia. Amerika Serikat bisa menjadi negara adidaya tetapi Amerika Serikat sudah banyak berpengaruh terhadap dunia sehingga disebut sebagai negara adidaya
Amerika Serikat sebagai negara adidaya-pun telah mengalami over-stretched (melampauibatas kesanggupannya sendiri) hal itu dapat kita lihat dalam dua perang yang terjadi pasca persistiwa 11/9, sehingga mengakibatkan beberapa negara lebih percaya diri dan lebih berani melakukan pendekatan konfrontatif terhadap Amerika Serikat, dan hal ini semakin memperlihatkan eksistensi Amerika Serikat mulai tergeser sebagai negara adidaya atau penguasa dunia. Tahun 2010, upaya-upaya Amerika Serikat untuk melepaskan diri dari dua perang yang diciptakannya sendiri telah menguras sumberdaya dan menggerogoti kewibawaannya sebagai negara adidaya.Tahun 2010 ini menjadi saksi bisu bagaimana Amerika Serikat dibuat sibuk oleh usaha-usaha yang dilakukannya untuk lepas dari ambisi ambisi kebijakan luar negeri yang dilakukannya dewasa ini. Hal ini pun berdampak pada perkembangan konstelasi politik internasional dimana beberapa negara pesaing Amerika Serikat salah satunya yaitu Rusia, produk Uni Soviet, yang dalam perkembangannya telah berhasil memanfaatkan kesibukan Amerika Serikat diantara dua perang yang diciptakannya di Irak dan Afganistan, dengan keberhasilannya melakukan perluasan pengaruh Rusia di kawasan batas luar wilayahnya. Selain itu krisis ekonomi yang dialami Amerika Serikat merupakan faktor internal yang juga turut menjadi penyebab mulai goyahnya posisi atau eksistensi Amerika Serikat sebagai negara adidaya.Dengan melihat beberapa factor eksternal dan internal yang dialami Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya.
1.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah Perjalan Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya?
2.      Bagaimana Kekuatan Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya?
3.      Bagaimanakah Analisa Potensi Amerika?
4.      Apa saja yang menjadi Aspek yang Mempengaruhi Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya?
5.      Bagaimanakah Eksestensi Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya?
6.      Bagaimanakah SDM&SDA Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya?
7.      Bagaimana Eksistensi Amerika sebagai Kekuatan Global?

1.3    Manfaat dan Tujuan
1. MengetahuiPerjalan Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya
2. Mengetahui Kekuatan Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya
3. MengetahuiAnalisa Potensi Amerika.
4. MengetahuiAspek yang Mempengaruhi Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya.
5. Mengetahui Eksestensi Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya
6. MengetahuiSDM&SDA Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya
7. MengetahuiEksistensi Amerika sebagai Kekuatan Global










BAB II PEMBAHASAN

2.1. Perjalanan Amerika Serikat Sebagai Negara Adidaya
Sebelum bangsa Eropa datang ke Benua Amerika, benua ini dihuni penduduk asli yang bernama Indian. Namun, semakin gencarnya invasi yang dilakukan bangsa Eropa di kawasan benua ini, populasi penduduk suku Indian semakinmenurun drastis.Sejarah terbentuknya Amerika Serikat diawali dengan terbentuknya 13 koloni bekas penjajahan Inggris setelah deklarasi kemerdekaan pada 4 Juli 1776. Awalnya, struktur politik Amerika Serikat adalah sebuah kofederasi. Namun, setelah terbentuknya Konstitusi Amerika Serikat, koloni-koloni tersebut sepakat untuk membentuk sebuah negara federasi.
            Pada abad ke-19, kekuatan negara Amerika Serikat mulai meluas ke seluruh kawasan Amerika Utara. Dengan mengandalkan kekuatan militer, lobi diplomasi, dan sedikit paksaan, Amerika Serikat berhasil memperoleh negara bagian lainnya, baik di dalam negara maupun di luar negara.Negara bagian yang diperoleh antara lain Louisiana yang dibeli dari Perancis dan Alaska yang dibeli dari Rusia. Selain itu, Amerika Serikat pun merebut daerah milik Meksiko, yaitu New Meksiko, Texas, dan California setelah Perang Meksiko-Amerika Serikat.
            Semakin banyaknya negara bagian yang dimilik Amerika Serikat mengakibatkan pertentangan antara negara bagian di kawasan utara dan negara bagian yang berada di kawasan selatan. Pertentangan yang terjadi mengenai masalah hak-hak negara bagian.Akhirnya, pertentangan yang terjadi ini menimbulkan Perang Saudara Amerika. Perang Saudara tersebut terjadi pada 1860.
Amerika Serikat memiliki sejarah kelam mengenai perbudakan. Dalam perbudakan ini, golongan kulit hitam dianggap sebagai golongan warga kelas dua di bawah golongan kulit putih. Diskirminasi terhadap warna kulit ini pun merupakan salah satu penyebab terjadinya Perang Saudara. Perang Saudara yang menjadi bagian sejara AS ini terjadi pada 1861-1865.Amerika Serikat termasuk negara yang aktif dalam peperangan yang pernah terjadi di dunia ini. Perang-perang besar yang melibatkan Amerika Serikat antara lain Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Pada era 1960-an, Amerika Serikat pun terlibat Perang Dingin dengan salah satu kekuatan besar di dunia, yaitu Uni Soviet (Rusia) yang dipengaruhikomunisme.Untuk membendung penyebaran paham komunisme di Asia, Amerika Serikat ikut berperan aktif melawan Uni Soviet, misalnya dalam Perang Korea dan Perang Vietnam. Setelah Uni Soviet pecah, Amerika Serikat tumbuh menjadi sebuah negara yang memiliki kekuatan dalam bidang ekonomi, militer, budaya, dan politik.
Amerika Serikat adalah sebuah republic federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal.Kecuali Alaska (utara Kanada) dan Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara.Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklaveAlaska).Di sebelah barat, negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik.Selain itu, Amerika Serikat juga memiliki beberapa daerah di Karibia dan Pasifik, walaupun wilayah tersebut bukanlah bagian dari Amerika Serikat.
Dengan luas wilayah 9,83 juta km2 dan penduduk sebesar 309 juta jiwa, Amerika Serikat adalah negara terbesar ke-3 atau ke-4 berdasarkan total luas wilayahnya dan terbesar ke-3 berdasarkan jumlah penduduk. Negara ini merupakan negara multietnis dan multikultural, yang disebabkan oleh masuknya para imigran dari seluruh dunia.Ekonomi Amerika Serikat merupakan ekonomi yang terbesar di dunia, dengan produk domestik bruto (perkiraan 2008) sebesar US$14,4 triliun (seperempat dari PDB dunia berdasarkan nominal dan seperlima berdasarkan paritas daya beli.
Sebelum kedatangan orang Eropa, Amerika Serikat telah dihuni oleh orang-orang Indian selama beribu-ribu tahun.Namun populasi suku Indianmenurun drastis akibat wabah penyakit dan peperangan dengan pendatang Eropa.Amerika terbentuk dari 13 bekas koloni Britania Raya yang memerdekakan diri pada tanggal 4 Juli 1776.Negara baru ini kemudian memenangkan peperangan dengan Britania Raya dalam Perang .
Revolusi Amerika. Pada abad ke-19, Amerika Serikat berekspansi secara besar-besaran, membeli daerah Louisiana dari Perancis, Alaska dari Rusia, serta menganeksasi daerah-daerah milik Meksiko yaitu New Mexico, Texas, dan California seusai Perang  Meksiko-Amerika Pertentangan antara negara bagian utara dengan negara bagian selatan mengenai masalah hak-hak negara bagian serta perbudakan mencetuskan Perang Saudara Amerika pada tahun 1860-an. Negara bagian utara kemudian berhasil memenangkan perang ini dan mempertahankan persatuan negara.Ekonomi Amerika Serikat menjadi yang terbesar di dunia semenjak tahun 1870-an. Kemenangan pada Perang Spanyol-Amerika dan Perang Dunia I mengangkat Amerika Serikat sebagai salah satu kekuatan militer dunia. Pada Perang Dunia II, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang memiliki senjata nuklir. Berakhirnya Perang Dingin dan runtuhnya Uni Soviet membuat Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara adidaya dunia dan menjadi yang terdepan dalam hal militer, ekonomi, budaya, dan politik.     
Sejarah amerika serikat penuh lika-liku. Namun paling tidak suatu pendeskripsikan amerika serikat mengapa menjadi negara adidaya sampai saat ini. Semua ini tidak terlepas dari keterlibatan amerika serikat dalam berbagai peristiwa dunia. Sebut saja yang paling konvensional perang dunia I dan II. semula amerika serikat memilih netral, namun karena sebab akhirnya amerika serikat terjerumus dalam kontes peperangan tersebut.
Amerika Merdeka pada 4 juli 1776 dari 13 bekas koloni Britania Raya. dimana britania raya merupakan adidaya terlama di dunia ini. Berbagai rintangan seperti Perang Britania Raya-Amerika Serikat, Perang Saudara, perang Meksiko-Amerika serikat. Namun tidak membuat amerika serikat tidak goyah
·         Perang Spanyol-Amerika serikat
Terjadi pada tanggal 25 april sampai 12 agustus 1898, merupakan tampilnya amerika serikat dalam kontes adidaya baru. Dengan berperang melawan spanyol yang dimana kerajaan spanyol pernah menjajah amerika serikat dan juga di segani sebagai adidaya baru setelah britania raya.

·         Perang Dunia Pertama.
Kekuatan militer amerika serikat tidak sekuat saat ini. Kekuatan militer amerika saat itu tidak sebanding dengan Jerman, Jepang, maupun Britania Raya. Pada perang dunia I amerika serikat memilih netral namun karena Jerman mengirim diplomasi kepada  meksiko yang berisikan ajakan untuk menyerang amerika serikat secara diam-diam dan imbalannya meksiko mendapatkan wilayah yang dikuasai oleh amerika serikat yang di jadikan sebagai negara bagian seperti texas, new meksiko, carolina. Namun pemerintah meksiko dengan tegas menolaknya. dan ironisnya amerika serikat mengetahui semuannya. Keterlibatan amerika serikat dalam PD I tidak terelakan.
·         Depresi Besar
Terjadi pada tahun 29 oktober 1929. Di masa ini amerika serikat mengalami krisis ekonomi yang parah. banyak warga amerika serikat mati kelaparan. namun tidak hanya amerika serikat dunia saat itu juga mengalaminya, namun tidak separah amerika serikat. Depresi ini menghancurkan ekonomi baik negara industri maupun negara berkembang. Antara 1939 dan 1944, banyak orang mendapat pekerjaan kembali karena PD II, dan Depresi Besarpun berakhir
Perang Dunia II
Terjadi pada tanggal 1 September 1937 saat jerman menginvansi polandia. Pada PD II lagi lagi amerika serikat tidak ikut dalam kontes perperangan dunia kedua. Hal ini disebabkan amerika yang memilih memulihkan perekonomiannya. Walaupun demikian amerika serikat tetap menguasai  wilayah filipina sebagai hasil perperangan melawan Spanyol. Jepang tidak menyukainya, karena misinya yaitu ingin menguasai asia timur, dan mau tidak mau jepang harus menghancurkan amerika serikat. Dan Perang Pasifik tidak terelakan lagi pada tahun 1941 jepang mengahncurkan pangkalan angkatan laut amerika serikat di Pearl Harbour. Setelah itu semua wilayah di asia timur, termasuk asia tenggara dikuasai jepang dengan Vietnam sebagai markasnya. Akhirnya Amerika serikat terlibat dalam perang dunia ke dunia. Akibat keterlibatannya sampai-sampai Perdana Mentri Britania Raya Sir Winston Churchill  menulis di biografinya "Dengan emosi dan penuh perasaan yang puas, saya baring ke pembaringan dan tidur dengan tidur orang yang diselamatkan dan bersyukur".
·         Perang Dingin
Keuntungan sangat besar bagi amerika serikat dalam kontes PD II, walaupun mengeluarkan biaya yang besar. Namun karena PD II pulalah perekonomian Amerika Serikat pulih kembali bahkan lebih baik dari negara-negara pemenang PD II. Namun suatu masalah ketika Uni Soviet dan Amerika Serikat berbeda pendapat mengenai pembangunan kawasan eropa termasuk Britania Raya yang hancur setelah PD II. Uniknya sebelum PD II Britania Raya merupakan adikuasa lama sebelum amerika serikat. 
Uni Soviet membantu perekonomian eropa timur sedangkan Amerika Serikat membantu perekonomian eropa barat. namun selain membantu ternyata uni soviet mempengaruhi paham komunisnya di eropa timur. Amerika Serikat tidak tinggal diam. Pada tanggal 4 April 1949 terbentuk aliansi NATO. Sebagai tandingan pada tahun 1955 Uni Soviet membentuk aliansi Fakta Warsawa. Intinya jika salah satu negara di serang, maka dianggap perang oleh aliansinya.
Tidak hanya eropa. ternyata dua kekuatan dunia ini saling terlibat dalam peperangan lokal, demi melanggengkan kekuasaannya. Selain itu kedua negara ini saling adu alat persenjataan, seperti tank, senjata, rudal, pesawat tempur, dan sebagainya. Sebut saja Perang Semenanjung Korea dan Vietnam. Dimana kedua negara saling mendukung salah satu pihak. 
·         Perang Vietnam
Merupakan bagian perang dingin, namun penulis mengistimewakan karena peristiwa ini membuat amrika serikat harus mengakui kekuatan Vietkong. terjadi pada 1 November 1955-30 April 1975, yang dimana merupakan perang semenanjung vietnam, antara vietnam utara dan selatan. Saking besarnya anggaran dan banyaknya pasukan amerika yang tewas (58,220 jiwa) memaksa amerika serikat menghentikan invansinya. faktor kemenangan utama karena terowongan bawah tanah, sehingga vietkong dapat menyerang pasukan amerika serikat secara diam diam. Ironisnya terowongan bawah tanah ini merupakan buatan pasukan jepang pada PD II. Jelas sekali karena vietnam pada PD II di jadikan Mandala Utama (markas besar) bagi militer jepang. Selain itu dukungan tiongkok dan uni soviet dalam mengirim persenjatan merupakan salah satu fator juga.
·         Perang Afghanistan
Jika amerika serikat harus mengakui kekalahan di vietnam, lain halnya uni soviet juga harus mengakui kekalahannya di afghanistan. Merupakan bagian perang dingin dimana uni soviet tidak suka dengan kejatuhan pemerinthan komunis di afghanistan. Maka pada tahun 1979 Uni Soviet  menginvansi afganisthan melawan gerakan separatis/ gerakan lokal di afganisthan. Dengan dukungan amerika serikat memaksa uni soviet menyudahi invansi tesebut dalam kurun waktu 10 tahun. Gara-gara invansi tersebut membuat pereknomian uni soviet goyah terjadi pembubaran uni soviet pada tahun 1991.

2.2. Kekuatan Amerika Sebagai Negara Adidaya
Amerika Serikat merupakan negara super power atau dapat disebut sebagai negara adidaya hingga saat ini.Negara dengan sistem pemerintahan republik federal ini telah menjadi negara yang memiliki kekuatan militer, ekonomi, dan memiliki kekuatan politik serta teknologi yang tinggi. Pasca-Perang Dunia II dan Perang Dingin, negara yang sering disebut Negeri Paman Sam ini terus maju menjadi negara yang menguasai perindustrian, bahkan pengaruh negara ini semakin luas hingga menjadi pusat teknologi dunia setelah pecahnya perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. Dan setelah Uni Soviet sebagai Blok Timur mengalami keruntuhan, Amerika Serikat sebagai Blok Barat secara otomatis atau saat itu juga menduduki posisi tertinggi yaitu sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia.
Dalam sepak terjangnya pasca-Perang Dingin tersebut, Amerika Serikat terus berinovasi pada bidang teknologi, seperti komputer, internet, senjata nuklir, kapal terbang, dan perjalanan luar angkasa serta banyak lagi keberhasilan–keberhasilan Amerika Serikat yang dapat disaksikan saat itu.

2.3 Analisa Potensi Amerika Sebgai Negara Adidaya
Amerika serikat merupakan sebuah negara potensial yang memiliki kekuatan dan kekuasaan besar sehinggga disebut negara superpower atau negara adidaya, dimana seluruh negara-negara di dunia mengakui keadidayaannya.Amerika serikat sendiri baru menyadari kekuatan yang di milikinya bahwa AS memiliki potensi besar untuk menjelma menjadi sebuah negara adidaya pada perang dunia kedua ketika kapal dimana didalamnya terdapat banyak rakyat sipil AS diserang oleh Jerman, AS kemudian ikut serta dalam perang dunia kedua dan menjadi pemenang perang tersebut.Disusul dengan runtuhnya rezim komunis Uni Soviet pada perang dingin, akhirnya membawa AS menjadi kekuatan tunggal yang mendominasi dunia.
Secara ekonomi, banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolak ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar.Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya.Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia. AS memiliki banyak sumber daya mineral, seperti emas, minyak, batu bara dan endapan uranium. Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama, di antara lainnya, jagung, gandum, gula dan tembakau.AS memproduksi mobil, pesawat terbang dan benda elektronik.Sekitar 3/4 dari penduduk AS bekerja di industri jasa. AS juga menguasai sistem moneter internasional dengan manyediakan modal investasi yang besar, dengan kepuasan yang menarik minat para investor, serta pasar ekspor asing yang sangat luas.
Kebudayaan bangsa Amerika menjadi standar di seluruh dunia.Secara ideologi Amerika Serikat adalah sumber dan penjaga institusi demokrasi di dunia.Amerika Serikat masih merupakan negara terkuat dari segi militer, khususnya setelah berakhirnya perang dingin. Angkatan bersenjata Amerika serikat sendiri telah tersebar ke seluruh dunia dengan mudah dari Eropa hingga Asia, di Korea saja jumlah tentara AS ada sekitar 37 ribu orang dan 53 ribu orang tentara Amerika yang ditempatkan di Jepang, bahkan pangkalan-pangkalan militernya dapat berubah karena intervensi AS atas nama perdamaian menjadi kebutuhan militer yang sudah ditetapkan. AS memiliki Sistem pertahanan udara yang canggih untuk mempertahankan diri terhadap serangan udara.AS juga memiliki Kapal Selam: SLBM (Submarines Launched Ballistic Missile), FBM (Fleet Ballistic Missile) Kapal Induk: USS Ronald Reagan (CVN-76) dan Alusista Utama :Rudal, Hulu Ledak aktif, Nuklir .
Di lihat dari.teknologinya AS adalah negara yang memiliki sumberdaya manusia potensial sehingga mampu menciptakan penemuan-penemuan baru baik itu ilmu pengetahuan maupun teknologi yang canggih.Dari geografi, AS memiliki wilayah yang luas dan jumlah penduduk besar serta potensial. Dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia dan negara-negara yang ada dikawasan Amerika sendiri terutama negara-negara sosialis seperti negara-negara Amerika Latin yaitu Venezuela, Brazil dan Kuba, AS jauh lebih maju.. Namun, dalam hal ekonomi kini AS sangat memperhitungkan Jepang dan China, karena usaha bidang Otomotif dan Eletronik sekarang sudah dikuasai oleh Jepang dan China sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat yang mampu menyusul ekonomi AS. Karena tolak Ukur Kekuatan Ekonomi Sebuah Negara Adalah Cadangan Devisa yang dimiliki, untuk kategori ini Cadangan Devisa paling besar sekarang Dimiliki oleh Negara China dan Taiwan. Kemudian dibidang usaha Pariwisata sekarang dikuasai oleh Uni Eropa, Jembatan Layang dan Kereta Api Super Express sudah dikuasai oleh Korea dan Jepang.
Namun demikian meski sekarang mengarah pada kondisi resesi dalam jumlah yang sangat besar, namun perekonomian AS tetap merupakan acuan perekonimian dunia..Industri strategis baik pertahanan maupun software / hardware masih dipegang oleh AS, meskipun upaya Jepang dan China untuk menyaingi, namun banyak hal masih belum berhasil.tidak ada negara didunia ini yg mengguasai bidang mayoritas seperti yg dimiliki oleh AS, disemua bidang amerika adalah segala-galanya. Sampai saat ini belum ada negara yg sanggup mengimbangi AS dibidang Peralatan Militer dan Teknologi yg ada hubunganya dengan Luar Angkasa, Canggih dari segi Alat militer.termasuk bidang olahraga, pendapatan dari NFL di Amerika dapat mengalahkan pendapatan Liga Champions di Eropa / pendapatan dari seluruh dunia. Karena sangat kuat ditinjau dari segi politik, ekonomi dan militer, dengan kekuatannya itu, Amerika Serikat bisa mengatur dunia sesuai kebijakannya, termasuk menginvansi dan mengembargo negara yang tidak menuruti kehendaknya

2.4 Aspek Yang Mempengaruhi Amerika Sebagai Negara Adidaya
·         Aspek Ekonomi
            Pasca-Perang Dunia II, tidak dapat dipungkiri bahwa Amerika Serikat berdiri sebagai pemimpin dunia yang hampir tak dapat tersaingi. Kondisi itu didukung oleh posisi Eropa yang sedang berada dalam lingkungan pascaperang, kemudian Jepang yang sedang mengalami kehancuran, dan Inggris yang dapat dikatakan sedang mengalami kelelahan pascaperang. Sehingga secara otomatis dapat dikatakan bahwa tidak ada kekuatan lain yang dapat menjalankan peran global pada saat itu. Dan secara otomatis
Amerika Serikat sebagai negara pemenang perang harus mengambil peran, dalam artian bertanggung jawab dalam menciptakan kondisi prekonomian dunia yang stabil.
Dalam kondisi tersebutlah Amerika Serikat kemudian diuntungkan, dan dapat dengan mudah mengambil pimpinan dalam menentukan institusi dan peraturan –peraturan baru yang mendasari perekonomian dunia. Dan sistem yang kemudian ditelurkan Amerika Serikat pada saat itu biasa kita kenal dengan sebutan “Bretton Woods System” yang diambil berdasarkan nama kota kecil di Amerika Serikat yang merupakan tempat persetujuan Bratton Woods itu dibuat. Dan pada tahun 1947 Bratton Woods menjadi titik awal sejarah kejayaan Amerika Serikat dengan membentuk lembaga–lembaga perekonomian dunia pascaperang. Diantaranya yaitu: IMF, Bank Dunia, GATT (yang sekarang diganti WTO), dan OECD. Yang kemudian dalam kiprahnya, sistem tersebut berhasil membawa Amerika Serikat pada puncak kejayaannya, karena pada dasarnya lembaga–lembaga baru tersebut dapat dikendalikan oleh Amerika Serikat berdasarkan kepentingannya.
Sehingga walaupun beberapa kali sempat mengalami krisis, Amerika Serikat mampu bangkit dan kembali memimpin prekonomian dunia yang tentunya dengan nilai–nilai liberal (sesuai dengan konsep idiologi bangsanya), yang terserap dalam setiap kebijakan–kebijakan perekonomian yang dikeluarkannya lewat institusi–institusi internasional khususnya lembaga–lembaga perekonomian dunia seperti IMF, Bank Dunia, dan WTO (sebagai pionir dalam mempertahankan eksistensinya sebagai bangsa adidaya yang kuat dan tidak tertandingi). Selain itu, Amerika Serikat juga merupakan kreditor terbesar dunia yang memberikan pinjaman atau bantuan kepada negara– negara yang sedang berkembang atau miskin berupa Marshall Pllan, dan Amerika Serikat juga memberikan bantuan “Grants in Aid” yaitu bantuan ekonomi dengan memberikan kewajiban kepada negara yang diberikan bantuan untuk mengembalikan bantuan ekonomi tersebut berupa dolar atau dengan membeli barang–barang produk Amerika Serikat. Inilah yang menjadi benteng kekuatan ekonomi Amerika Serikat hingga saat ini
·         Aspek Militer
Pasca perang dingin dan setelah runtuhnya Uni Soviet sebagai rival terberat Amerika Serikat, Amerika Serikat hingga saat ini masih memegang posisi sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Hal ini dapat kita buktikan dengan posisi Amerika Serikat yang tetap menjadi pembelanja militer terbesar, dengan anggaran pertahanan sebesar US$ 711 miliar.Selain itu, dominasi kekuatan Amerika Serikat dan sekutunya dalam tatanan uni polar dapat dilihat dari besaran anggaran militernya dalam beberapa tahun terakhir tadi, dan besaran tersebut berada dikisaran 48 persen dari total anggaran militer dunia, kalau ditambah aliansi utamanya yaitu Inggris dan Perancis saja, maka angka tersebut akan menjadi 67 persen dari total anggaran belanja militer dunia. Lawrence Korb, seorang menteri pertahanan mantan asisten yang sekarang menjadi rekan senior di Center for American Progress, Washington berbasis think tank, mengatakan Amerika Serikat akan memotong jumlah pasukan darat karena perang di Irak dan Afghanistan berakhir.Amerika Serikat akan terus menjaga 11 kapal induk, armada pembom saat ini, armada amfibi, serta pendanaan untuk teknologi pembom generasi baru dan untuk meningkatkan kapasitas pelayaran di masa depan, yaitu rudal kapal selam kelas Virginia dan mendesain sebuah prompt-konvensional menyerang pilihan dari kapal selam, bahkan semua kapal tempur dan induk akan dipersenjatai oleh kekuatan nuklir yang ampuh. Wakil Ketua Kepala Staf Gabungan Laksamana James A. Winnefeld Jr menekankan kemampuan, fleksibilitas, kemampuan independen merupakan hal mendasar, penerapan kapal yang di lingkungan anti akses akan sangat berguna di Timur Tengah dan Pasifik, yang mana kami telah menekankan sebagian besar fokus strategis regional. Senjata-senjata ini juga penting bagi kehadiran Amerika Serikat di Asia Pasifik dan Timur Tengah, dimana Amerika Serikat menempatkan penekanan pada bimbingan strategis baru. Walaupun akhir–akhir ini kondisi ekonomi sedang bermasalah tetapi penempatan pangkalan militer di Timur Tengah maupun Asia Pasifik dianggap tetap penting sebagai bagian penting bagi keamanan Amerika Serikat di masa depan.
·         Aspek Politik
            Pasca berakhirnya perang dingin yang ditandai dengan runtuhnya Uni Soviet, Amerika Serikat menjadi satu–satunya negara superpower dunia yang tersisa.Hal ini tentu membuat Amerika Serikat mempunyai peran dominan dalam percaturan politik Internasional. Berbicara soal politik, Amerika Serikat sejak tahun 1940-an hingga kini dibentuk oleh dua tradisi politik yaitu realisme politik dan idealisme politik. Tradisi politik realisme yang berkembang di era perang dingin masih menjadi karakter politik Amerika Serikat.Tujuan utama politik ini dimaksudkan untuk melakukan politik pembendungan terhadap eksistensi Uni Soviet yang dinilai membahayakan supremasi kekuasaan Amerika Serikat di dunia. Sementara itu, tradisi idealisme politik yang tujuan utamanya, yaitu diarahkan untuk melakukan ekspansi kebebasan atau demokrasi keseluruh penjuru dunia, dimulai atau berkembang diera pasca perang dingin. Karakteristik politik ini masih menjadi karakter Amerika Serikat.Intinya adalah, perpolitikan luar negeri Amerika Serikat berhasil mendominasi dan mewakili perpolitikan internasional.Hal itu dapat kita lihat dalam kasus politik luar negeri Amerika Serikat yang selalu menjadi prioritas agenda pembicaraan dalam

2.5 Eksistensi Amerika Serikat Sebagai Kekuatan Global
Konstelasi politik internasional.Selain itu, dominasi Amerika Serikat di lembagalembaga dunia telah membuat kekuatan politik luar negeri Amerika Serikat menguat.World Bank, International Monetary Fund, dan World Trade Organization, lembaga–lembaga ini merupakan wadah dan alat bagi Amerika Serikat dalam pencapaian kepentingan nasionalnya dengan muda diamini oleh banyak negara di dunia yang notabene telah menjadi antek–antek atau boneka Amerika Serikat dalam kiprahnya sebagai negara adikuasa/adidaya.

2.6 Amerika Serikat Dalam Aspek SDA & SDM
            Setelah beberapa aspek di atas yang dapat dijadikan indikator untuk menggambarkan kekuatan Amerika Serikat, aspek terakhir yang menurut penulis tidak dapat dilupakan untuk dijadikan indikator penilaian dalam menggambarkan kekuatan Amerika Serikat yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Hingga saat ini penulis menilai bahwa tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa Amerika Serikat mengalami kekurangan dalam hal sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya.Pendek kata, Amerika Serikat memiliki aspek terakhir ini. Dimana ia memliki sumber daya alam yang melimpah, seperti emas, batu bara, minyak, tanah yang luas dan subur, kemudian pertanian yang sangat luas serta didukung oleh sumber daya manusia yang besar dan berkualitas, sehingga mereka mampu mengolah kekayaan alamnya sendiri dan yang terpenting adalah Amerika Serikat mampu memainkan peran dalam segala hal dikancah konstelasi internasional, walaupun dalam banyak hal langkah–langkah yang diambil banyak menuai kritikan dari berbagai kalangan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa semua hal yang menjadi aspek pendukung Amerika Serikat sebagai negara adidaya/adikuasa merupakan cerminan atau representatif dari kualitas umber
daya manusianya.

Pertentangan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet telah membagi bumi ke dalam dua polar, Barat dan Timur.Begitulah setidaknya gambaran geopolitik konstelasi hubungan internasional pasca-Perang Dunia kedua hingga awal tahun 1990-an. Baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet sama-sama berusaha untuk menyebarkan sphere of influence-nya.Melihat kemudahan Uni Soviet memasuki kawasan Asia Tenggara, Amerika Serikat lantas menandai kawasan tersebut sebagai salah satu titik untuk membendung pengaruh komunisme.Sebuah konsepsi mengenai efek domino kemudian diciptakan, dengan melihat Vietnam sebagai titiknya. Apabila Vietnam berhasil ‘jatuh’ ke tangan Uni Soviet sepenuhnya, maka negara-negara Asia Tenggara nantinya juga akan mudah ‘jatuh’ dan berada di bawah pengaruh Uni Soviet. Dan samapai hari ini karakter Amerika Serikat dalam mempertahankan dominasinya dalam tatanan politik Internasional masih sangat dekat dan tidak jauh dari konsepsi mengenai efek domino, hal itu dapat kita saksikan dalam usaha–usaha Amerika serikat dalam membangun kerja sama dengan beberapa negara yang dianggap sangat berpengaruh untuk membendung eksistensi negara–negara yang siap menjadi pesaing Amerika Serikat dimasa depan. Pernyataan Obama selaku Presiden Amerika Serikat mengenai Amerika Serikat merupakan salah salah satu kekuatan Asia Pasifik merupakan bagian dari strategi Amerika Serikat untuk membendung kekuatan lawan– lawannya dalam usaha menggesernya sebagai negara adidaya.
Melihat segala persoalan yang dihadapi Amerika Serikat dewasa ini dan posisi negara – negara yang akan berpotensi menjadi pesaing–pesaing unggul Amerika Serikat, masih belum ada kekuatan yang mampu menggeser posisi Amerika Serikat sebagai superpower dunia. Dengan analisis sebagai berikut yaitu, meskipun masalah dan tantangan bagi Amerika Serikat semakin menggunung, masih kecil kemungkinan Amerika Serikat akan mengalami disintegrasi, karena Amerika Serikat sudah pernah mengalami krisis dan juga kekalahan dalam sejumlah perang dan tetap bisa mempertahankan posisinya sebagai negara berkekuatan super di dunia. Kecil kemungkinannya Amerika Serikat akanruntuh seperti Uni Soviet atau tergeser posisinya sebagai negara adidaya dalam beberapa dekade kedepan.
Supaya Amerika Serikat dapat tergantikan posisinya sebagai negara superpower, syaratnya adalah harus ada negara yang punya kekuasaan superpower juga, dan hingga saat ini itu tidak tampak sekalipun itu China maupun Rusia (yang akhir – akhir ini dianggap sebagai ancaman berat bagi Amerika Serikat). Namun, dalam kasus ini penulis bukan tidak meyakini bahwa beberapa dekade kedepan Rusia dan China akan menjadi petarung terberat Amerika Serikat, dengan dasaran bahwa dua negara tersebut paling memiliki benturan kepentingan dengan Amerika Serikat dan paling memiliki kekuatan untuk melakukan sesuatu yang dapat mengantarkan mereka mencapai tujuannya. Keseimbangan kekuatan global dan bagaimana eksistensi Amerika Serikat sebagai kekuatan global akan sangat dipengaruhi oleh kekuatan kedua negara tadi (Rusia dan China) dalam melakukan perlawanan– perlawanan terhadap usaha Amerika Serikat dalam mempertahankan posisinya sebagai superpower dalam konstelasi politik Internasional.
Barack Obama terpilih sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-44 pada Januari 2009 lalu, secara otomatis Obama pun harus menerima warisan, yaitu sebuah bangsa yang eksistensinya sebagai negara adidaya sedang mengalami penurunan. Obama mengambil alih kekuasaan dalam kondisi Amerika Serikat yang rusak akibat perang tak berkesudahan, dan dengan kondisi ekonomi yang berantakan.Posisi kebijakan luar negeri Obama yang utama adalah bahwa petualangan Bush ke Iraq telah mengaburkan ancaman nyata dari Afghanistan yang seharusnya menjadi prioritas dan Obama pun berkomitmen untuk mengakhiri perang Iraq yang dianggap telah menghancurkan koalisi internasional Amerika Serikat yang sejatinya sangat dibutuhkan jika ingin menang dalam perang–perang yang dilakukannya. Dan akhirnya
Obama kemudian mengadopsi kebijakan pemerintahan Bush yang menerapkan strategi penarikan pasukan secara bertahap dalam penyelesaian kasus Iraq. Dan hal itu harus disesuaikan dengan stabilitas keamanan maupun politik di Iraq (Khan 2011).Selain itu, Obama secara terbuka dan berulang–ulang berjanji untuk meningkatkan intervensi militer Amerika Serikat di Afghanistan, meningkatkan jumlah pasukan Amerika Serikat dan memperluas operasi mereka dan terlibat dalam serangan metodis lintas perbatasan. Namun lebih lanjut, strategi Obama untuk mengurangi pasukan di Afghanistan sejak Juli 2011, semakin menunjukkan bahwa Amerika Serikat tidak dalam posisi yang kuat pada akhir tahun 2010 untuk mencapai tujuannya di Afghanistan.
Kedalaman konflik di Iraq dan Afghanistan telah mengakibatkan mesin perang Amerika Serikat terlihat melampaui batas kemampuannya dan tidak berkelanjutan, maka dampak yang akan terjadi jika Amerika Serikat melepaskan diri dari kedua Konflik tersebut maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap status Amerika Serikat sebagai negara adidaya.

2.7 Eksistensi Amerika Serikat Sebagai Kekuatan Global

Amerika Serikat memelihara kehebatannya ketika secara objektif telah direndahkan, dan bagaimana Amerika Serikat menekan negara–negara yang secara nyata mengambil keuntungan dari penurunan Amerika Serikat sebagai negara adidaya.Amerika Serikat bersama dengan Obama dalam rangka mempertahankan status hegemoninya di dunia, telah berusaha menyelesaikan konflik melalui rekonsiliasi politik dan memanfaatkan bantuan dari Negara-negara sekawasannya.
Berbagai persoalan dihadapi Obama sejak awal masa kepemimpinannya dan akhir–akhir ini, permasalah semakin ribet ketika mendapati posisi prekonomian Amerika Serikat semakin mengalami penurunan ketika krisis ekonomi global menjadi masalah dan tantangan besar negara– negara dalam konstelasi politik internasional. Persoalan ini diperjelas dengan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang kian melamban dalam tiga bulan pertama 2012 ini.Ini lantaran belanja pemerintah berkurang dan pengusaha memangkas investasi.Namun, tingkat belanja konsumsi berada dalam tahap paling cepat dalam kurun setahun lebih. Departemen Perdagangan Amerika Serikat memperkirakan, perekonomian tumbuh sebesar 2,2% untuk periode Januari-Maret 2012. Angka ini lebih lambat dari kuartal terakhir 2011 yang sebesar 3%.
Dalam kuartal pertama 2012, realisasi belanja pemerintah Amerika Serikat melorot menjadi 3%.Penyebabnya karena semua jajaran pemerintah berusaha menghemat anggaran untuk mengontrol defisit anggaran.Sementara, konsumsi masyarakat meningkat menjadi sebesar 2,9%. Konsumsi masyarakat mulai pulih terutama di sektor otomotif. Sedangkan investasi hanya sebesar 2,1%. Ekonom Senior Standard & Poor's Beth Ann Bovino menilai, para pengusaha mengerem investasi karena pajak investasi berakhir pada 2011 lalu.






BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan
Amerika Serikat pada Perang Dunia II keluar sebagai “juara” dalam perang yang melibatkan banyak negara itu. Pasca PD II, cengkeraman Amerika Serikat di dunia makin kuat dan sangat berpengaruh dalam skala internasional, terlebih ketika pada akhir 80-an, ketika Amerika Serikat kembali menjadi pemenang dalam Perang Dingin (Cold War) yang melibatkan Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai kedua aktor yang berseteru dalam perang tersebut.
Melihat kedigdayaan Amerika Serikat saat itu, pantaslah jika Amerika Serikat dikatakan sebagai negara hegemoni atau negara yang dapat mendisiplinkan negara lain sesuai dengan kepentingan dan keinginannya. Hegemoni Amerika Serikat mencengkeram pada berbagai bidang, seperti ekonomi, budaya, politik luar negeri, dan militer. Hal itu diperjelas oleh kenyatan bahwa ekonomi Amerika Serikat yang sangat maju dan berkembang pesat meninggalkan negara-negara lain yang sebelumnya menjadi pesaing Amerika Serikat dalam ekonomi, seperti Inggris, Jerman, dan Jepang.
Dalam bidang budaya, Amerika Serikat telah mempengaruhi seluruh masyarakat dunia yang saat ini sudah mempergunakan dan menerapkan budaya Amerika Serikat sebagai budaya universal sehingga sangat mudah menemukan budaya Amerika Serikat di negara lain. Politik luar negeri, yang merupakan kekuatan Amerika Serikat selain ekonomi dan militer juga dapat mengkoordinir perpolitikan Internasional mengikuti segal kepentingan politik luar negeri Amerika Serikat di dunia, hal ini dilakukanAmerika Serikat dengan cara menguasai beberapa organisasi/lembaga-lembaga duniayang mayoritas disetir oleh kepentingan politik luar negeri Amerika Serikat. Sedangkan di bidang Militer, tak perlu diragukan lagi jika Amerika Serikat sebagai penguasa teknologi kemiliteran, baik dari sisi persenjataan maupun dari sisi tentaranya.

Namun, sejak awal tahun 2000-an, Amerika Serikat mengalami beberapa
permasalahan yang nantinya, bagi penulis cepat atau lambat akan melunturkan pengaruh dan hegemoni Amerika Serikat di dunia internasional. Memudarnya pengaruh dan kekuatan ekonomi, budaya, politik luar negeri dan militer Amerika Serikat sebenarnya sudah diprediksikan oleh banyak kalangan, namun baru sekarang ini tanda-tanda memudarnya hegemomi Amerika Serikat terlihat dan terasa jelas.
Amerika Serikat akan tumbang seperti sejarah tumbangnya Romawi, Persia dan Uni Soviet dimasa lalu,apapun bisa terjadi apabila Amerika Serikat tidak melakukan perubahan apapun tanpa melahirkan strategi–strategi alternatif untuk menghadang perkembangan lawan–lawan politiknya (Rusia dan Cina).













DAFTAR PUSTAKA
Sundoro,hadi 2012.sejarah amerika serikat .jember:jember university press
Danaher, Kevin. 2006. Demokratisasi Prekonomian Global; Gerakan Perlawanan
Masyarakat Sipil Global Menentang Bank Dunia &IMF.Yogyakarta : Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas (CPRC).
Frieden, Jaff, 2005. Success stories of the Golden Age. EPI, Chapter 3. Vol. 41.
Khan, Adnan. 2011. Peta Politik Global dan Estimasi 2011 (MR Adhi Penerjemah). Bogor : Pustaka Thariqul Izzah.
Jakcson, Robert & Sorensen, Georg. 2005. Pengantar Studi Hubungan Internasional
(Dadan Suryadipura penerjemah).Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mas’oed, Mohtar. 2003. Ekonomi Politik Internasional dan Pembangunan.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  2. saya AHMAD SANI posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan























    BalasHapus

Popular Post

- Copyright © 2013 Dhevy Ratnasari Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan | Distributed by Rocking Templates -